Langsung ke konten utama

[ Review ] My Life In 2016



Rada-rada gimana gitu kalo mau cerita yang tentang satu ini, narsis sih enggak tapi nulis aja siapa tahu nantinya lucu untuk dibaca kembali, sama hal nya dengan nulis diary gue alias kalo yang ini rekapan kehidupan gue haha.. nanti bisa gue ingat-ingat meski kadang kalo gue baca ulang diary gue dulu, gue cekikikan sendiri kalo gue pernah nulis hal selebay gituan, mungkin sekarang juga kali ya.. nanti pasti gue bakal cekikikan kalau gue pernah nulis hal beginian yang ga penting kalo menurut kebanyakan orang..
Okay Kehidupan 2016 gue dimulai dari sekarang..
1.      Awal Tahun
Kayak nya gue lupa tapi seinget gue, gue gak ikutan tahun baruan di kampus..tumbenn hahaa.. sepertinya sih iya.. biasanya gue ama sahabat-sahabat se-geng biasanya ngikutin acara tahun baruan di kampus, ah jadi ingat dulu pas tingkat satu gue bakar jagung bareng temen-temen terus udah capek-capek dibakar ternyata jagungnya buat senior TT-TT haha,, nasib junior tingkat 1, pas tingkat dua kayaknya yang ini berkesan deh, kalo gak salah dulu udah jadi senior, tingkat 3 kalo gak salah malam tahun baru kelas gue diabisin buat main UNO..hadeehhh.. tapi ingat sih diantara kelas lain yang paling berisik kelas kita gegara yang satu menang main Uno yang satu gak mau Kalah dan yang lain nya Curang.


Kalo diawal tahun-tahun kayaknya sih pada focus kepada skripsi dan mata kuliah yang tugas-tugasnya yang tiap minggu gak kelar-kelar, abis satu tumbuh seribu, dari kerja individu sampai kelompok dan grup wassap gue penuh ama nama-nama grup kelompok tugas yang menurut gue banyakin notif, notif PHP..halahh…
2.      Pekan Olahraga Terakhir
Dan ketika pada akhirnya kami merasakan yang namanya lomba-lombaan yang diadakan dikampus untuk terakhir kali, dan masih sama gue biasa jadi tumbal kelas, biasa disuruh ikutan cabang por yang terkadang gue aja gak bisa, gue gak bisa main volley tapi gue disuruh jadi tim volley inti, gue ikut cabang scrable yang entah tiap tahun nya ga pernah masuk final dan selalu di PHP-in di semifinal, ikutan catur biasnaya gue menang lawan untuk pertama kali tapi jangan Tanya berikutnya, gue pasti K.O telak hehe.. dan yang terakhir yang paling gue seneng dan gak perlu temen-temen gue paksa buat ikutan, gue paling suka cabor ‘Bridge” pas tk.1 dulu awalnya gak kenal ama permainan begituan tapi pas sekalinya kenal gue jatuh cinta “”Hehe..maaf lebay..” yah meski tim gue biasanya gak masuk 3 besar tapi tetep bisa masuk 5 besar kok, gimana ya mungkin kalo di awal-awal tim kita biasanya permainan bagus tapi kalau udah agak lamaan dikit ya pasti agak gak focus gitu..dan saking gue seneng sama game ini gue sampai install di laptop dan sekalinya main gue kayak lupa waktu..pasti berjam-jam..


Oiya dengan berakhirnya POR ini, tim volley taruni kelas gue masih tetep jadi juara umum dari semua kelas..gatau betapa bangganya gue karena tiap tahun gelar volley taruni terbaik selalu jatuh ke kelas gue, mungkin ini yang namanya teamwork terbaik kali ya, karena kalau mau jujur kelas gue itu yang bisa main Volly itu hanya makce dan heppy yang lain bisa servis doank, tapi dari yang gue lihat sudah beberapa anak yang sudah bisa ngambil bola dan lain segalanya..mungkin berkat dilatih sama kedua orang itu kali ya.. debesstt emang makce dan Heppy, juga temen-temen gue, yang gue juga salut semangat nya mereka untuk belajar Volly jadi sampai bisa begitu, oiya supporter terbaik dari temen-temen kelas yang setiap pertandingan biasanya ngumpulin pasukan pendukung dari junior jurusan Klimatologi dan selalu bikin yel-yel paling pecah dan paling gak bisa gak ikonik kalo menurut gue..hehe.. ji dobel o dije obi gud job gud job..bagus!!*jempolnya bang* haha..
3.      Serba Kata “Terakhir”
Jadi taruna tingkat akhir harus siap-siap ketemu dengan namanya dengan kata “Terakhir”, ini terkahir kita dengan kita pakai baju olahraga, Terakhir kali Kuliah, terakhir kali Ujian, Terakhir kali bisa ngerjain tugas bareng, terakhir kali kita akan begini dan begitu, istilahnya serba terakhir..huaa.. sedih pokoknya kalo pengen dibahas lagi tapi kalau menurut kalo gue sedih terus seperti itu kagak bakal nikmatin masa-masa terakhir di kampus, jadi ya kalo gue selama masih bisa bareng temen-temen, gue akan menikmatinya jadi ya karena mumpung ada waktu gue puas-puasin main ama temen-temen, puas-puasin ledekin lambau dan para bujangers, puas-puasin teriak-teriak gak jelas dan nyanyi-nyanyi di kelas, puas-puasin ngomongin idolanya..duh.. seumuran gini masih aja jadi “fangirl” haha.. tobat..tobat.. kalo ngomong-ngomong jadi seorang fangirl gue pernah mengalami masa dimana gue gak bisa lepas dari idola k-pop pada saat itu sampai pada akhirnya gue bela-belain nonton konsernya, btw gue suka “Infinite” pas tahun 2015 gue rela ngabisin duit gue cuman buat nonton konser dan gue baru sadar kalo gue adalah manusia yang cepet pindah ke lain hati terbukti sebelum konser gue awalnya bias-in Woo Hyun eh pas konser dimulai gegara satu lambaian Hoya yang gue rasa (Maaf agak Ge eR) itu lambaian buat gue, akhirnya hati gue berpindah ke Hoya, yah begitulah gue ternyata selain gue Picky, gue adalah manusia yang cepat pindah ke lain hati.. Okay, the Nomaden Heart belongs to mine ..LOL

4.      Skripsi Eat The Times


Haruskah gue menyalahkan skripsi yang karenanya gue jarang bisa kumpul bareng temen-temen lagi?? Sepertinya iya, karena kenyataan nya memang begitu karena bolak-balik bimbingan (gue harus ke pusat, pembimbing gue orang pusat) dan ngurusin segala pengolahan data dan metode terkait skripsi gue akhirnya gak punya waktu buat main lagi kayak dulu, kangen dulu suka main pump atau gak main di time zone bareng mora sama heppy. Atau sekadar untuk nengok blog ini bahkan gue jarang ngumpul bareng keluarga yang ada dijakarta, bisa di itung gue jadi gak pernah nonton semenjak adanya skripsi,ah skripsi menguras hati..skripsi menguras tenaga..skripsi melupakan segalanya.. intinya selama di tahun 2016 kehidupan gue ya gak jauh dari skripsi tapi kayaknya selain skripsi gue pernah seminar di kampus haha.. seminar di kampus untuk terakhir kali kayaknya, jujur gue banyakan lupa apa saja yang udah gue kerjakan selama tahun 2016
5.      Liburan Terakhirnya Kelas Gue
Setelah nabung tiap bulan nya 200 rebu sampai jualan seblak akhirnya kelas gue bisa liburan bareng satu kelas meskipun ya begitulah ada beberapa trobel2 (gak bisa gue certain).. yeayyy.. liburan nya awalnya di rencanakan di pulau Belitung dan dikarenakan dana tidak mencukupi pilihan jatuh pada wilayah Pangandaran Jawa barat dan dikarenakan banyak yang gak ngerti wilayah sana jadi kita sewa tour guide orang sana, dan semua list tempat yang kami kunjungi bisa disambengi satu per satu jadi puas banget bisa liburan bareng sekelas dari ke pantai sampai ke goa-goa, lucunya pas di Goa anak-anak pada di begoin ama akang-akang guide nya haha.. gegara mantra buat ngeluarin aura di wajah ujung-ujung nya ada “Martha Tilaar”, anak-anak yang ngikutin baca mantra serasa pasrah kalo itu cuman dikerjain ama akang-akangnya dan yang lain cuman ngetawain. Pas malam nya di waktu luang didalam hotel, kita semua ngumpul di kamarnya yayan (danton gue), segitu banyak anak alhamdulillah muat di satu kamar, malamnya kita bisa main game seru-seruan, nama game nya tebak kata dari bahasa tubuh dan pecahnya di kelompoknya wildan yang disuruh nebak “Kacamata Kuda” tapi gerakan kudanya bikin aneh dan lagi bentuk kacamatanya juga bikin kita semua kesel.. yah gitulah malam itu kayaknya penuh dengan canda dan tawa seluruh anak-anak kelas dan gak kelupaan beberapa tegoran dari pihak Hotel karena terlalu berisik (Kayaknya kalo di tegor itu sudah wajar di kelas gue). Oiya besoknya sebelum balik kita berenang di kolam renang hotel dan gue belajar renang lagi untuk kesekian kalinya dengan uni walau pada akhirnya tetep saja gue gak bisa.

6.      Graduation
Kayaknya sebelumnya udah gue posting tentang momen-momen sebelum wisuda sesaat dan setelah wisuda jadi mungkin untuk postingan ini kayaknya gak banyak yang bisa diceritain, kalaupun ada paling momen-momen pada saat wisuda ya mungkin pusat nya ke orang tua gue yang selalu bisa gagal focus ke gue nya, inilah yang terjadi ketika orang tua gue hadiri wisuda gue, pas awal datang ke gedung wisudanya gue, mereka maunya di foto berdua mulu, dan parahnya gue gak diajak T_T (apa-apaan ini??) setiap ke sesuatu tempat pastinya mintanya foto berdua, kan gue yang diwisuda pakk..maakkk?? masa kagak foto bertiga sama gue?? Yang lagi wisuda siapa yang paling banyak foto siapa, udah gitu segala foto di abang-abang yang tukang poto di beli dari awal datang sampai mau pulang..hadeuhh..gak ngerti sama ortu gue!! Dan semua foto wisuda gue dibawa pulang terus sekarang gue gak ada pegang foto wisuda sama sekali, gak bisa liat muka gue saat wisuda kecuali di hape, wisuda macam apa ini??


Selain itu mak gue juga bikin kesel karena focus utamanya ke yang paling cantik di angkatan gue dan bukan gue, harusnya kan dia bangga dengan gue yang bisa berdiri di depan sebagai pemeran utama jurusan gue tapi bagi mak gue, gue tetep jadi seorang cameo (cameo loh) yang cuman numpang lewat doank dan parahnya abis wisuda yang ditanya-tanya tentang si doi T_T, gue mah apa makk!! Mau dibandingin juga pasti jauh banget !! she’s the one who winner for everything..cantik iya..akhlak baik iya.. pintar iya.. popular iya.. lah gue?? Cuman yang maha kuasa yang tau lebih nya gue dimana.

Oiya selain itu di wisuda gue bisa salaman dua kali sama orang nomor satu di Instansi gue..hehee.. dan sedikit momen gue ngobrol bareng..dikit..kayaknya cuman 10 detik hahaa.. kayak gitu aja gue seneng!! Gue bahagia cuman karena hal kecil, bahagia itu mudah ternyata bagi gue hehee.. padahal kalo menurut kebanyakan orang mungkin ini gak penting dan gak ada apa-apanya!! Sepertinya gak penting..
7.      Doa yang Terkabul




Jadi di tahun 2016 ini, gue punya beberapa wishlist yang gue sebenarnya catet dalam hati dan pikiran gue, hahaa.. jadi gue punya lima keinginan selama tahun 2016 salah satunya ya gue bisa di relokasi, kalo dulu gue pernah posting kalo gue punya harapan kalo gue pengen jadi peneliti (oiya dulu emang karena terinspirasi oleh seorang dosen sih), padahal beliau gak banyak ngomong, cuman gue pengen aja begitu seperti beliau, sepertinya keren, kayaknya sih begitu meski gue gak tau persisnya seperti apa, jadi list keinginan gue kepada yang maha kuasa ya bisa relokasi dan bisa jadi peneliti persis seperti keinginan gue 3 tahun yang lalu, jadi jika gue diberi kesempatan, pengen nya ya di pusat penelitian dan pengembangan di Instansi gue. Jadi gue sebenarnya berusaha untuk perbaiki nilai-nilai gue sejak setelah PKL, gak mau terlalu main-main dan anggap remeh dengan yang namanya ujian karena termotivasi pengen ke bagian tsb padahal pada saat itu juga gue gak tau bakal ada relokasi atau enggak!! Jadi sebelum wisuda gue udah dibikin galau karena ancaman gue ditahan di kantor gue sekarang, dan rasanya seperti yang gue perjuangin selama ini sia-sia, ngapain gue belajar sungguh-sungguh dari kemarin-kemarin kalau pada akhirnya gue tetep gak bisa dapetin apa yang gue mau, gue udah putus asa pada saat itu, karena gue gak punya kekuatan apa-apa pada saat itu, jadi ya gue pasrah kemana nasib gue nanti, terus pada suatu hari yang mendung rintik-rintik gerimis (drama banget sumpaah ..hehe), gue ke tempat yayan sama wenas, kalau gak salah gue minta foto pas liburan ke pangandaran selain itu paket inet gue abis jadi gue numpang wifi ke kontrakan mereka, terus di depan kontrakan si wenas dan yayan gue curhat-curhatan sama wenas trus saling nyemangatin satu sama lain kalo nanti di daerah kita gak boleh terjebak dengan zona nyaman kita masing-masing, harus tetap saling kontak-kontakan kemudian  wenas cerita  tentang wilayah penempatan nya yang menurutnya cukup jauh dari wilayah kota dan curhatan gue tentang relokasi, jadi pada saat itu gue bilang ke wenas, kalo lo harus doain gue ya!! Haha.. jadi pada saat itu gue sama wenas doain tentang penempatan gue katanya biar di relokasi sesuai keinginan, ini beneran loh!! Suara doa kita sampai kedengaran sama tetangga dan baru aja selesai kata Aamiin dari kita berdua, yayan yang kebetulan danton gue nyaut dari dalam “ eh  lu disuruh ke kampus dipanggil direktur”, gue cuman bingung kenapa tiba-tiba dipanggil mendadak, gue kira pada saat itu cuman dikasi semacam pengarahan dan ternyata kita disuruh nemuin deputi masing-masing untuk milih wilayah penempatan dan gue cuman bisa bersyukur sepanjang jalan menuju pusat, akhirnya apa yang gue pengen bisa jadi kenyataan !! meski pada kenyataan nya pada saat milih gue gak punya pilihan juga dan akhirnya pilihan jatuh ke kedeputian klimat dan pada saat ini gue di relokasi di “Pusat Informasi perubahan Iklim” hehe.. semoga gak buruk-buruk amat ya kan.. mungkin gak seperti yang gue inginkan tapi setidaknya “that’s one step ahead”. Jadi sebenarnya dari beberapa doa-doa dan keinginan gue sama Tuhan di tahun 2016 itu banyak yang terkabul.. Hampir semuanya.. hehe..Alhamdulillah..!! daftar keinginan nya gak bisa gue certain karena itu wishlist personal dari yang paling personal nya gue..hehe.. jadi pesan moral nya (cielahh), jangan pernah berhenti berharap sama apapun yang sedang kalian perjuangin, selama ini gue selalu ber-prinsip kalau yang namanya perjuangan itu gak ada yang sia-sia, gak ada lelah yang gak di bayar, gue selalu yakin apa yang gue kerjakan dan gue korbankan pasti selalu dibalas, mungkin balasan nya gak secepat yang kalian mau tapi bisa jadi di saat yang tepat jadi ya musti sabar dan tetap positive thinking kalo yang kalian usahakan tetap akan dibalas, so..keep praying !! (Jangan lupa usahanya juga).
8.      Jurnal Terakhir

Jadi selain skripsi yang gue garap, gue juga menggarap jurnal untuk seminar di bali, jurnal terkhir gue selama jadi taruni dan gue juga hampir kerepotan dengan hal tersebut dan pada akhirnya bisa selesai juga, sebenarnya gue jarang nulis jurnal tapi gak tau dari awal nulis jurnal (jurnal Pertama), jurnal gue tersebut sampai sekarang banyak dipakai dan dijadikan referensi padahal ya kalau menurut gue, itu jurnal gak ada apa-apanya, kalo gue dan temen gue bilang “itu jurnal apaan” haha.. tapi Alhamdulillah cukup banyak yang nanya entah cara pembuatan dan lain segala macam nya..hehe.. dan untuk jurnal terakhir, meskipun gak bisa ikut seminar karena ada assessment mendadak dari pihak pusat jadi gue diwakili tapi entah kenapa setelah lulus juga untuk jurnal terakhir juga banyak ditanya sama orang-orang kantor ternyata (Bukan nya pamer), cuman gak nyangka aja gitu, huhu.. banyak yang minta juga haha!!
9.      Last Two Months In 2016

Akhirnya kembali ke realita, gue pisah dengan teman-teman dan masuk dunia kerja dan awalnya masih belum paham dengan apa yang mau dikerjakan selama awal-awal masuk kantor jadi pas awal-awal masuk gue yang gak mau magabut (makan gaji buta) ngemis-ngemis kerjaan pada orang-orang kantor, kerjaan apa aja boleh yang penting halal (dih..paan sik), jadi sekitar dua minggu atau sekitar sebulanan, gue masih nyari-nyari kerjaan dan gue beruntung di kantor masih belum dikerjain tentang quality control dan homogenitas data (Karena ini dianggap baru), jadi gue dimandatkan untuk ngerjain kerjaan ini untuk beberapa wilayah nantinya untuk di presentasikan dan diberikan beberapa tutorial cara pengerjaannya berhubung gue bakal di relokasi jadi untuk homogenitas data akan di berikan ke salah satu pegawai yang ada di kantor gue sekarang nantinya, jadi gue bersyukur gue selama bulan desember kerjaan utama gue ya bikin homogenitas data untuk beberapa wilayah, dan ternyata kerjaan ini banyak yang minta dari beberapa stasiun pada penempatan temen-temen gue dan mbak-mbak yang sementara di kantor gue untuk dibawa ke wilayah satasiun nya sendiri, jadi gue ngerasa kayak jadi orang yang cukup berguna..hehe. (biasa aja kali ya).. jadi doakan minggu ini gue bakal presentasi, semoga lancar.. oiya selama di kantor gue sekarang gue pernah menjadi seorang narasumber untuk mahasiswa yang kunjungan meskipun rada-rada ancur hehe dan jadi artis tivi daerah sehari.. (tunggu gue di nasional ya..haha).

Tahun 2016 tahun nya gue kalo menurut gue haha.. ada asem, pahit tapi tetap ada manis nya juga, tahun penuh perjuangan sepertinya, tahun penuh air mata dan tahun penuh kebahagian..jadi untuk 2016 yang tinggal beberapa hari lagi terima kasih untuk segala momen-momen yang sudah diberikan..gak bisa dilupakan pokoknya..semoga tahun depan segala macam target bisa tercapai..aamiin.

Komentar

Siska qravity mengatakan…
makasih kak sudah berbagi yah

sewa gudang

Postingan populer dari blog ini

FYI : Downwelling, Upwelling dan Sirkulasi Termohalin

Upwelling Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan  wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenomena atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu. Downwelling Downwelling merupakan keterbalikan dari upwelling

Sudut Datang Dan Pemanasan Di Muka Bumi

Sudut datang yang dimaksud disini adalah sudut datang sinar matahari menyinari permukaan bumi. Menjawab beberapa pertanyaan seperti mengapa siang hari lebih panas dibandingkan siang hari? Dan lainnya. Kali ini saya akan bahas tentang pengaruh sudut datang dengan suhu udara di permukaan Bumi. Alasan mengapa pada saat siang hari udara lebih panas dibandingkan sore hari. Ada dua Faktor penyebabnya yaitu Ratio Energi / luas area dan Jarak/ panjang atmosfer yang dilalui atau di tembus. 1.        Ratio Energi/Luas Area Maksudnya Luas area disini berhubungan dengan sudut Datang sinar Matahari karena sudut datang sinar akan mempengaruhi kuat cahaya matahari dan mempengaruhi luas permukaan yg akan disinari . agar lebih mudah saya akan memberikan contoh melalui Gambar. Pada gambar pertama   dimana sudut datang nya 90 derajat matahari hanya menyinari luas area sebesar 1 meter persegi saja, sedangkan pada gambar kedua karena sudut datangnya kecil sebesar 30 derajat saja m

Ocean Conveyor Belt And Gulf Stream

Arus laut secara langsung memiliki pengaruh pada kehidupan kita, mereka mentetukan cuaca,iklim dan banyak lagi. Antara Arus Laut dan system angina mentrasport panas dari equator ke kutub dan beroperasi seperi mesin besar   Ada berbagai macam arus di dunia dan ocean conveyor belt adalah salah satu yang palingberpengaruh Arus ini membawa panas dari equator ke kutub terutama di wilayah eropa   Siklus ini biasa disebut sirkulasi termohalin dimana termo adalah suhu dan halin adalah garam, keduanya menentukan tingkat kepadatan air, sirkulasi inilah yang membentuk iklim di eropa. Dan apa yang terjadi jika terjadi pemanasan global adalah ketika es mencair di sekitar Greenland maka akan mengurangi kepadatan air tersebut,karena konsentrasi garam berkurang   akibat es yang merupakan air tawar saat mencair. Oleh karena itu, ketika sirkulasi tersebut berhenti maka eropa tidak akan mendapatkan panasnya kembali, dan secara langsung melemparkan eropa ke jaman es selama beribu-ribu