Langsung ke konten utama

Perjalanan Ke Wisuda



Setelah melalui perjuangan selama di kampus gue selama 4 tahun kuliah dan setahu PKL(Praktek Kerja Lapangan) gue akhirnya lulus…!! Yeaayy.. dengan gelar baru S.Tr (Sarjana Terapan), akhirnya dengan segala perjuangan, padahal yang gue perjuangin juga gak ada hehehe..

Dari Sebelum Lulus hingga lulus banyak hal yang sudah dilewati, dari ngerjain skripsi yang sampai berdarah-darah hingga pisah dengan teman-teman seperjuangan, teman-teman sekelas, sahabat dan .. dan.. dan.. siapa ya?? Haha.. gak ada.. oiya dan kampus gue tercinta.. cie elah cinta amat ama kampus, padahal juga “i did nothing”  selama jadi taruni, gue emang ga popular dan  gue emang ga punya banyak kenalan memang di kampus, duh kuper banget sih gue..haha.. tapi gue ambil hikmahnya, seenggaknya gue selama dikampus gak mengalami masa-masa suram alias ga ada yang bikin gue nyesal selama jalani kehidupan kuliah saat jadi taruni, ya karena gue merasa manusia paling beruntung bisa  berada di kelas Klimatologi angkatan 2011, punya teman-teman yang ga ada jaim-jaim nya, teman-teman cowok yang pengertian dan suka ngegombal, paling enak diajakin curhat, cewek-ceweknya pada rempong tapi paling baik sedunia, paling berisik, paling enak diajakin karaoke, pintar dandan jadi kalo ada acara-acara penting yang ga butuh muka kucel tinggal mantengin depan kosan dan didandanin secara gratis haha..pokoknya teman-teman gue saling menyayangi satu sama lain dan yang gue suka dari kelas gue, kami saling mengingati satu sama lain, saling gotong royong dan pokoknya dabesst lah.. ga bisa diungkapkan dengan kata-kata.. oiya satu lagi mereka saling mendukung satu sama lain, mungkin gue ga ada apa-apa nya tanpa mereka yang udah ngedukung dan nyemangati gue..
Beberapa moment dari sebelum lulus, saat lulus, wisuda dan wisuda, ini gue rangkum biar gue baca lagi suatu saat :
1. Proposal Skripsi
Masuk di tingkat 4, ya pasti di tanya-tanya judul skripsi apa yang hendak di ambil dan gue pada saat itu memang belum mikirin sama sekali judul apa yang gue pengen ambil dan pada saat di bagikan nama-nama pembimbing, gue dapat pembimbing yang sesuai yang gue harapin, hehe emang ya kalo namanya ucapan adalah doa, dulu gue pernah ngucapin pengen pembimbing itu ke salah satu teman dan akhirnya..viola.. gue dapat beliau yang gak bisa gue sebutin namanya disini, awalnya gue tertarik dengan tema Kualitas Udara dan akhirnya setelah membaca beberapa kali Jurnal, gue mutusin kalo tema dalam skripsi gue kali ini yaitu Monsoon.

2.Sidang Proposal Skripsi
Ini bagian yang paling gak gue suka..hehe.. tapi tetep gue nikmatin, ya namanya juga hidup harus ada gejolaknya…iya gak?? Jadi dari monsoon gue pengen tahu arah angin yang memiliki pola yang sama karena gue mikir dari arah angin tersebut bisa saja menjadi penyebab bertambah dan berkurangnya curah hujan yang ada di wilayah Indonesia, jadi salah satu cara mengelompokan sesuatu yang memiliki karakter yang sama yaitu gue kluster kan arah angin tersebut and that’s my problems and my troubles begin..


Gue melakukan kesalahan karena gue langsung mengklusterkan arah angin tanpa mengkonversikan nya pada saat itu, jadi gue dibabat habis-habisan ama penguji gue, gue di uji dan gue musti sabar, ya pada akhirnya ketika pulang puncak kesabaran gue diganti pakai air mata..huhuuu.. sedih emang kalau ingat masa-masa itu.. ternyata gue cuman kelihatan tegar diluar!!dalamnya rapuh..
3. Nyusun Skripsi Kembali
Hmm.. pada akhirnya gue harus ngulang dari awal sebenarnya gak semuanya sih hanya mencari metode kluster arah angin dan pada saat itu gue belum bisa move on, gue selama liburan dan masuk lagi semester 8 dan sekiranya sebulanan, gue benci banget ama yang namanya skripsi, ngeliatin nya aja bikin gue illfeel,,haha kok bisa ya.. yah pokoknya gue kesel aja begitu ama skripsi pada saat itu, gue dan pembimbing gue juga belum nemu metode yang tepat untuk meng-klusterkan arah angin selain itu pernah gue bilang gue nyerah sama judul yang sekarang mungkin gue harus mulai dari awal tapi pembimbing gue nyemangatin buat ga boleh nyerah..huhu..baiknya

Dan pada akhirnya gue dapat wassap dari pembimbing gue bagaimana cara untuk mengklusterkan arah angin.. gue langsung kaget, kegirangan dan ga ngerti cara buat ngungkapin nya..hehe..lebay yaaa..gue kepusat nyamperin bapaknya trus yaudah gue dikasi referensi meski ujung-ujungnya mikir sendiri juga, akhirnya ada temen nyaranin trus dapat sedikit ide, dan pada akhirnya gue bisa nemu metode yang pas buat meng-klusterkan arah angin.. dan skripsi gue berjalan kembali.
4. Sidang Skripsi Dan Lulus
Namanya juga sidang skripsi musti jauh lebih nyeremin dari proposal skripsi, yang gue siapin paling utama ya mental ketemu lagi ama kawanan penguji yang siap mangsa gue.. dan gue adalah seekor rusa kecil yang imut nan polos yang siap-siap dikejar oleh kawanan predator yang hendak menyantap gue,, apakah gue bisa lolos?? Hehe..kenyataan nya gue bisa menghindari serangan para predator kok, emang sih selama sidang gue dihajar habis-habisan tapi kerena mental dah siap ya gue bisa melewati semuanya, dan Alhamdulillah gue dapat nilai bagus juga.. huhu.. senangnyaa.. 
5. My Graduation Day and Unbelieveble “The Crown Was Mine”
Rada nyesek sih kalo mau certain yang satu ini..
Gue seneng sih ya namanya juga akhirnya juga gue di wisuda, temen-temen gue juga pada seneng karena akhirnya bisa juga wisuda, omongan kita tiap hari ya makeup yang dipake saat wisuda, kita gak kayak universitas lain yang musti ngomongin kebaya, kalau kita ada seragamnya sendiri buat wisuda jadi ya ga bisa ngomongin baju, satu-satunya yang di omongin ya makeup!! oke langsung ke inti cerita saat mau wisuda.

Jadi Sebelum Wisuda, beberapa hari sebelum wisuda kampus kita mengadakan acara gladi resik karena sistem dikampus gue yang merupakan  sekolah kedinasan jadi ada tata cara dan segala macam dan macam nya, gak boleh sembarangan karena yang nge wisudain gue adalah orang nomor satu di Instansi yang gue naungi sekarang, jadi untuk gladi resik sendiri diberi hak special untuk wisudawan terbaik setiap jurusan, diangkatan gue itu di jurusan yang gue ambil ada dua kelas yatu kelas A dan B, gue di Kelas A yang sudah menjalani masa perkuliahan dari semesti 1 hingga 8 sedangkan untuk kelas B adalah taruna-taruna kampus gue yang dulunya D3 lanjutin D4 jadi mereka ngejalani masa perkuliahan hanya semester 7 dan 8, nah permasalahan nya disini, ketika dibacakan wisudawan terbaik yang maju itu senior gue di kelas B, jadi temen-temen gue yang merasa gak adil, gak setuju dan gak terima, trus kalau gue?? Gue awalnya..rada gak setuju tapi kan seniornya udah maju, jadi gue males untuk protes atau apalah.. gue mah apa!! Hanya untaian debu.. sekali lagi “I did nothing” selama di kampus kan, gak ada yang kenal gue juga dan gak ada yang peduli ama gue kecuali temen-temen gue yang paling gue sayang, ya gue selow aja, lanjutin aja drama korea yang lagi gue tonton,, ya gak??? Haha.. tapi emang ada beberapa temen gue yang gak setuju dan berusaha banget, padahal gue gak nyuruh juga lagian yang gue liat temen-temen gue juga gak direspon tuh ama panitia, yah teman gue juga siapa!! Bukan siapa-siapa kali ya.. makanya gak di respon tapi jujur sih gue pengen mereka nerima aja.. jadi selama gladi resik 3 harian nama senior gue di kelas B yang dipanggil untuk maju paling awal, oiya gue juga lupa cerita, kalo sebenernya untuk salah satu jurusan ada senior di kelas F (semester 7 dan 8) juga mendapat nilai IPK yang tinggi jauh lebih tinggi dari temen gue kelas A di jurusan yang sama tapi menjalani semester (3 sampai 8) dan temen gue di kelas A tersebut maju sebagai wisudawan terbaik jurusannya, jadi mungkin gara-gara itu temen-temen gue gak nerima keputusan para panitia. Tapi sekali gue gak ada niatan juga buat dipanggil kedepan atau apapun itulah cause really I don’t need a fame!!

Hingga dimalam sebelum gladi resik terakhir di pusat, pada malam itu orang tua gue juga baru nyampe dari Bima.. oouuhh.. betapa senangnya gue, akhirnya kedua orang tua gue datang, saat itu juga masih mikir kalo gue gak bisa ngasi orang tua apa-apa, tapi gue bangga sama orang tua gue yang gak pernah nuntut apa-apa ke gue, gue harus dapat nilai bagus atau gue harus ini dan itu dari jaman gue tingkat 1 hingga lulus orang tua gue gak permasalahin soal nilai gue, lagian selama gue kuliah orang tua gue baik bapak ataupun ibu gak pernah nanya soal nilai dan IP, orang tua gue cukup senang karena bisa ngunjungi gue sama aan meski ga pernah ngucapin tapi bisa gue liat kok dari raut wajah mereka, mereka pasti senang karena mereka pada akhirnya bisa ketemu sama gue dan adik gue yang memang jarang pulang kampung karena memang kampung halamanya jauh.

Dan gue pun nerima wassap, awalnya males buka wassap tapi yasudahlah.. gue liat ada yang beda dari wassap gue, awalnya cuek aja makanya dibukanya nanti-nanti, dan pada saat gue baca, gue kaget sendiri, ga ngerti antara senang apa gue harus merasa bersalah, wisudawan terbaik jurusan gue jatuh ke gue!!!!!! Whattt!! Apa-apaan ini!! Antara senang tapi juga merasa paling bersalah, ini berasa gue jadi Miss Universe 2015, kayaknya dulu gue pernah ngatain dan berasa senang ama kejadian Miss Philliphine, eh ternyata kejadian juga ke gue!! Dan Akhirnya gue merasakan apa yang Pia(Miss Philliphine) rasakan saat mahkotanya berpindah trus ada rasa senang tapi bingung juga, tapi kayak ada rasa bersalah juga, padahal menurut gue si doski kan gak salah apa-apa??

Gue juga gak tau kesalahan gue dimana, sampai detik ini juga gue ga tau bagaimana bisa ada pergantian secara tiba-tiba, apa karena temen-temen gue kayaknya ga mungkin soalnya ga direspon sama sekali, ga ngerti dan bingung mau nyalahin siapa kalo di miss universe 2015 kita jelas tahu bahwa kesalahan terjadi pada  Steve Harvey yang salah menyebutkan nama runner up, trus pada permasalahan gue, gue harus nyalahin diri gue sendiri atas apa yang gue juga ga tau letak kesalahan gue  dan sama sama sekali gue ga ngerti,  pasti banyak yang mikir gue ini jahat banget karena udah tega (tega kenapa ya?), tega karena udah merebut gelar wisudawan terbaik?? Gue gak butuh.. Gue ga butuh tenar.. gue cukup butuh bahagia.. gue cukup butuh orang-orang yang sayang sama gue dan terus dukung gue.. udah gitu aja.

Dan pada saat gladi resik terakhir tersebut pusat pandangan dan focus ke gue,, aahhh!! Kenapa jadi gue yang malu sih, gak adakah yang mau jelasin kenapa gue tiba-tiba gantiin posisi senior tersebut, gue merasa menjadi manusia yang paling hina seketika, manusia paling kejam, jahat dan gue manusia yang paling dibenci kemungkinan pada saat itu, bisa gue lihat dan gue rasakan kok pada saat itu, dari pandangan dan cara orang ngomong ke gue, jelas kalau mereka gak suka sama gue dari sesama yang maju menjadi wisudawan terbaik sampai kelas-kelas lain, ini berkah apa musibah sih bagi gue?? Ga tau dan sampai saat ini masih gak ngerti.. TT

Gue minta maaf sama senior yang mungkin sudah gak sengaja gue sakitin..maap banget karena kejadian ini gue menjadi orang jahat bagi senior nya. Maaf sekali lagi atas kesalah pahaman yang terjadi.
6. Setelah Wisuda
Kejadian wisuda gak mungkin berlalu gitu aja kan, banyak yang sinisin gue sudah pasti gegara kejadian tersebut, banyak yang bilang selamat ke gue tapi gak ikhlas dan cenderung dengan gaya “ngenye” alias kayak ngerendahin gue, yah itu yang harus gue lewatin setelah wisuda, tapi gak apa-apa karena sekali lagi banyak diantara temen-temen gue yang support gue, ah berkah macam apa ini, gue punya teman-teman kelas paling baek seantero negeri yang selalu nyemangatin gue, jadi gue gak terlalu kepikiran meski gue tau banyak banget yang ngomongin gue di belakang.. huhu.. tapi itu bukan yang terpenting kok!! Karena setelah lulus gue berharap temen-temen gue masih lama di Jakarta dan gak cepet-cepet balik penempatan (aaaa..gue nulisnya sambil nangis untuk bagian ini) dan ternyata gak butuh waktu lama temen-temen gue setelah lulus untuk balik penempatan, hanya selang beberapa hari setelah lulus dan menjalani assessment test mereka dah balik penempatan TT_TT, dan untungnya sehari sebelum mereka balik kita dikumpulin di pusat diberi pengarahan dan terjadilah perpisahan yang haru biru.. ga bisa nahan liat wajah temen-temen untuk yang terakhir kali, begitupun dengan semua yang udah kami lewati dari masa tingkat satu hingga tingkat empat, bagaimana kami saling mensupport satu sama lain, teringat semua kenangan yang udah kami lalui, dari jaman masih kurus dan item-item dan masih suka di bully senior, dari masa-masa pas ujian dan setelah ujian di kampus, dari yang suka ngata-ngatain dan saling ledek-ledekan sama para bujangers klimat, kalo ada kegiatan POR (Pekan Olahraga) paling heboh dan suka ngumpulin para supporters dari kelas junior, Kelas yang paling berisik yang suka ditegor baik dalam kelas maupun dilapangan Apel dan masih banyak lagi yang ga bisa gue certain satu-satu.. gue sayang kelas gue, sampai sekarang masih mikir kapan bisa bertemu dengan mereka lagi dan bisa lengkap satu kelas..



 Postingan kali ini gue benar-benar curhat ya..hahaaa.. padahal ini aja udah paling kutahan-tahan biar gak terlalu kebanyakan, jadi ingat dulu ujian gue pernah ngisi jawaban salah satu matkul sampai 3 kertas folio dalam artian gue nulis sampai 12 halaman tanpa jeda..haha..”what a record”’… “”swaaaaggg”, pulang-pulang langsung gempor tuh tangan, tapi percayalah kalo rata-rata dosen-dosen gue seneng dengan jawaban yang panjang (tapi gak redundant juga ya!!), temen-temen gue dulu selalu bilang gue paling lebay kalo nulis jawaban ujian, oiya untuk kalian yang mau mencoba nulis jawaban lebay kayak gue persiapin tenaga dan harus sadar waktu dan ingat segala yang namanya perjuangan gak ada yang sia-sia, dulu nilai nya juga lumayan..(kok malah bahas ujian sih ya)
Pokoknya segitu aja dari gue tentang masa-masa gue sebelum wisuda dan setelah wisuda.. kalo di bilang sekarang gue ngapain kedepan, gue mau bahagiain gue sendiri, oiya dulu gue pernah bilang gue mau jadi peneliti (researcher) jadi mungkin kesitu aja dulu ya focus nya, sebenernya gue hampir dapetin yang gue mau akan tetapi takdir gue yang mungkin bilang untuk ke sesuatu yang lain sebelum itu jadi gue nikmatin dulu apa yang di depan gue.. oiya satu lagi impian terbesar gue adalah bisa keliling Eropa dan Asia, kayak seorang traveler sejati begitu..keren kan (Swaaaggg!!)).. maaf gue ketularan drakor yang lagi gue pantengin saat-saat ini..hehe..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FYI : Downwelling, Upwelling dan Sirkulasi Termohalin

Upwelling Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan  wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenomena atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu. Downwelling Downwelling merupakan keterbalikan dari upwelling

Sudut Datang Dan Pemanasan Di Muka Bumi

Sudut datang yang dimaksud disini adalah sudut datang sinar matahari menyinari permukaan bumi. Menjawab beberapa pertanyaan seperti mengapa siang hari lebih panas dibandingkan siang hari? Dan lainnya. Kali ini saya akan bahas tentang pengaruh sudut datang dengan suhu udara di permukaan Bumi. Alasan mengapa pada saat siang hari udara lebih panas dibandingkan sore hari. Ada dua Faktor penyebabnya yaitu Ratio Energi / luas area dan Jarak/ panjang atmosfer yang dilalui atau di tembus. 1.        Ratio Energi/Luas Area Maksudnya Luas area disini berhubungan dengan sudut Datang sinar Matahari karena sudut datang sinar akan mempengaruhi kuat cahaya matahari dan mempengaruhi luas permukaan yg akan disinari . agar lebih mudah saya akan memberikan contoh melalui Gambar. Pada gambar pertama   dimana sudut datang nya 90 derajat matahari hanya menyinari luas area sebesar 1 meter persegi saja, sedangkan pada gambar kedua karena sudut datangnya kecil sebesar 30 derajat saja m

Ocean Conveyor Belt And Gulf Stream

Arus laut secara langsung memiliki pengaruh pada kehidupan kita, mereka mentetukan cuaca,iklim dan banyak lagi. Antara Arus Laut dan system angina mentrasport panas dari equator ke kutub dan beroperasi seperi mesin besar   Ada berbagai macam arus di dunia dan ocean conveyor belt adalah salah satu yang palingberpengaruh Arus ini membawa panas dari equator ke kutub terutama di wilayah eropa   Siklus ini biasa disebut sirkulasi termohalin dimana termo adalah suhu dan halin adalah garam, keduanya menentukan tingkat kepadatan air, sirkulasi inilah yang membentuk iklim di eropa. Dan apa yang terjadi jika terjadi pemanasan global adalah ketika es mencair di sekitar Greenland maka akan mengurangi kepadatan air tersebut,karena konsentrasi garam berkurang   akibat es yang merupakan air tawar saat mencair. Oleh karena itu, ketika sirkulasi tersebut berhenti maka eropa tidak akan mendapatkan panasnya kembali, dan secara langsung melemparkan eropa ke jaman es selama beribu-ribu