Langsung ke konten utama

Fantastic NASA Pictures



Sebenarnya postingan ini ingin saya posting tepat pada hari Ulang Tahun saya yang jatuh pada 6 april kemarin akan tetapi karena cukup malas maka saya menulis ini tepat sehari setelahnya, setidaknya saya tidak cukup malas untuk menghibur diri sendiri karena foto-foto yang saya berikan dibawah ini cukup luar biasa yang diambil NASA. 


  1.   Aurora

Astronot Mike Hopkins, kapal Stasiun Luar Angkasa Internasional, berbagi gambar ini dari cahaya utara pada 9 Oktober 2013. Cahaya utara yang disebabkan oleh tumbukan antara partikel yang bergerak cepat (elektron) dari ruang dan oksigen dan gas nitrogen di atmosfer kita. Elektron ini berasal dari magnetosfer, wilayah ruang dikendalikan oleh medan magnet bumi. Ketika mereka menghujani atmosfir, elektron memberikan energi untuk oksigen dan molekul nitrogen, membuat mereka Aktif. Ketika molekul kembali ke keadaan normal mereka, mereka melepaskan foton, semburan kecil dari energi dalam bentuk cahaya.

Astronot telah menggunakan kamera genggam untuk memotret Bumi selama lebih dari 40 tahun. Dimulai dengan misi Mercury pada awal tahun 1960, astronot telah mengambil lebih dari 700.000 foto-foto Bumi. Hari ini, Stasiun Luar Angkasa Internasional NASA melanjutkan tradisi observasi Bumi dari pesawat ruang angkasa (human-tended spacecraft).
Kredit Gambar: NASA

    2. Foto Lain yang Lebih Menakjubkan



 
Pada tanggal 1 Februari 2014 Japan Aerospace Exploration Agency astronot Koichi Wakata meng-tweet pemandangan ini dari bulan sabit naik dari puncak atmosfer bumi . Warna yang berbeda terlihat karena gas yang dominan dan partikel di setiap lapisan atmosfer bertindak sebagai prisma , menyaring warna-warna tertentu dari cahaya . Berikut adalah bagaimana John Glenn , Amerika pertama yang mengorbit Bumi , menggambarkan bagaimana matahari terbit dan terbenam terlihat seperti dari luar angkasa : " Bila Anda melihat sunset atau sunrise , cahaya datang kepada Anda dari matahari melalui kerangka kecil dari atmosfer bumi dan kembali ke pesawat ruang angkasa Anda. Atmosfer masuk bertindak  seperti prisma . Jadi untuk waktu singkat Anda melihat tidak hanya merah , oranye dan kuning , kualitas cahaya seperti yang Anda lihat di Bumi , tetapi Anda melihat seluruh spektrum merah-oranye - kuning - biru-hijau - nila - ungu . Anda akan kembali terkesan , jika Anda sudah berada di sana , dengan bagaimana atmosfer tipis dan kecil  mendukung semua kehidupan di Bumi . Jadi jika kita mengacau balaukan , hal tersebut tidak terjadi . 
\
        3. Sund Dog  



Fotografer Shawn Malone menangkap eye-catching shot  dari sundog yang mengambang di atas lapisan asap laut di Danau Superior. Foto ini diambil di dekat Marquette, Michigan, pada tanggal 17 Januari 2014. Matahari adalah di sebelah kanan sundog itu. Anda bisa mengetahinya  karena sundogs selalu merah di sisi menuju ke matahari mereka, sementara ekor keputihan mereka selalu menunjuk jauh dari Matahari.


    4. Foto yang paling menakjubkan buat saya 





Berikut ini adalah foto yang diambil oleh beberapa satelit Wahana Luar Angkasa Amerika Serikat, NASA, tepat diatas Benua Afrika bagian utara dan Eropa. Nampak lampu-lampu masih menyala di bagian Bumi yang masih gelap.

Foto ini memberikan gambaran yang menakjubkan tentang fenomena “bercampurnya” antara siang dan malam. Ada benang yang sangat tipis yang memisahkan malam dan siang di perbatasan antara keduanya.


    5. Meskipun bukan foto permukaan bumi tapi astronot ini cukup percaya diri untuk selfie dengan pemandangan bumi dilihat dari luar angkasa


Penangkapan melihat refleksi Anda di jendela toko atau dop mengkilap bisa menghibur dan kadang-kadang bahkan menginspirasi momen bijaksana. Jadi mengingat  pandangan reflektif ini dari 300 kilometer (185 mil) di atas planet bumi, sungguh luar biasa bukan??

Ternyata demam selfie benar-benar menjangkiti masyarakat dunia  bahkan untuk astronot yang satu ini. Mungkin foto ini menjadi foto selfie terkeren  karena diambil ratusan Mil dari bumi. Setidaknya astronot ini berhasil membuat saya begitu envy.

Dalam tulisan saya, saya akan selalu memberikan bagian yang paling menarik untuk di ketahui pada bagian akhir tulisan dan untuk bagian terakhir tulisan ini saya mengambil foto yang diambil pada tahun 1961 tepatnya pada bulan Juli dimana untuk pertama kalinya manusia bisa melakukan pendaratan di bulan.



Dengan melihat foto diatas pasti kalian akan mengatakan bahwa NASA tidak pernah melakukan pendaratan di Bulan atau biasa kita kenal sebagai the great moonhoax theory dimana NASA telah membuat foto dan rekaman pendaratan di bulan di sebuah studio di Nevada.

Apakah NASA Hal tersebut benar-benar dilakukan NASA?
Apakah Manusia sebenarnya tidak pernah melakukan pendaratan di Bulan??
Jika Kalian Menanyakan Hal itu pada saya maka saya akan menjawabnya : TIDAK !!

Kenapa? Karena saya percaya akan sebuah Mimpi, mungkin mimpi presiden Amerika pada saat itu, Jhon F. Kennedy. Pada Mei 1961, Presiden Kennedy mengucapkan sebuah pidato yang bersejarah ,"I believe that this nation should commit itself. To achieving the goal, before this decade is out, of landing a man on the Moon and returning him safely to the Earth."
tapi jika saya hanya menjawab bahwa saya percaya akan pendaratan tersebut  karena saya percaya akan kekuatan sebuah mimpi maka saya akan dianggap sebagai orang yang suka menghayal dan terlalu malas.
pada tahun 1974, seseorang bernama Bill Kaysing menerbitkan sebuah buku berjudul "We Never Went to the Moon : America's Thirty Billion Dollar Swindle". Isinya mengatakan bahwa Amerika telah memalsukan pendaratan di bulan. Sejak saat itu, teori konspirasi pendaratan bulan lahir (the great moonhoax/moonlanding hoax). Beberapa buku ditulis setelah buku Kaysing, mengusulkan ide yang sama. Setelah itu buku-buku atau situs yang membela pendaratan di bulan juga bermunculan. Namun, pembelaan itu tidak pernah dibahas sebanyak teori konspirasi. Saya hanya akan memberikan salah satu  jawaban terhadap foto diatas, mungkin foto dan teori yang paling banyak diingat dan di ketahui banyak orang, seenggaknya foto yang gampang dicerna sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa NASA telah memalsukan pendaratan di bulan.

Jadi, mengapa bendera berkibar disaat tidak ada angin di bulan?

Jadi NASA menginginkan sebuah foto yang heroic dengan bendera Amerika yang terlihat dengan jelas jadi mereka memasang sebuah pipa horizontal kecil diatas tiang. Hal ini menyebabkan tiang bendera tersebut berbentuk hurul L terbalik. Bendera itu tertahan oleh pipa horizontal dan kerutan pada bendera menciptakan efek berkibar.
Mari kita bandingkan kedua foto dibawah ini. Foto pertama 

menunjukkan tangan Aldrin yang sedang memberi hormat terhadap bendera Amerika. Anda bisa melihat ujung jarinya menyembul sedikit di depan helmnya. Pada foto kedua, tangannya sudah diturunkan. Sembulan di depan helm sudah tidak terlihat. Tapi posisi bendera dan kerutannya sama. Itu artinya bendera tidak berkibar.


Sesungguhnya teori-teori konspirasi yang tersebar di seluruh dunia hanyalah akibat ulah satu orang, Bill Kaysing. Dan entah mengapa, situs dan blog diseluruh dunia tidak pernah melirik jawaban-jawaban dari NASA atau ilmuwan-ilmuwan independen yang membela pendaratan tersebut.
Untuk jawaban lainnya, bagi kalian yang masih penasaran dengan jawaban lainya bisa buka link ini : Nationalgeographic.com

Jadi terlepas dari kita membenci ataupun menyukai Amerika, tapi dalam hal ini saya lebih menghargai suatu mimpi besar dari seorang presiden bahwa manusia bisa melakukan lompatan besar dalam hidupnya dan itu yang harus kita hargai dan menjadikan pelajaran, bahwa tidak ada sesuatu yang tidak bisa dilakukan dan di gapai  meskipun itu mendekati nihil. Dengan tekad kita bisa melakukan hal yang mungkin saja sulit dilakukan. 

Jika ditanya tentang mimpi saya, maka jujur saya belum meraih mimpi saya. Dulu saya memimpikan menjadi salah satu dari NASA itu sendiri akan tetapi karena saya sadar akan kemampuan yang masih banyak kurangnya  maka saya puas dengan mimpi yang sekarang, bukan karena saya tidak percaya akan kekuatan sebuah mimpi tetapi jika kita menginginkan sesuatu ketika kita tidak mendapatkanya maka rasanya sungguh tidak menyenangkan. Jadi saya lebih memilih mengejar sesuatu yang mendekati mimpi saya tersebut, menjadi seorang observer bukanlah hal yang buruk, mungkin ini adalah langkahkecil untuk sebuah langkah besar menjadi seorang Researcher. Seperti yang Neil Armstrong katakan "That's one small step for a man, one giant leap for mankind."

For u..    yes u.. !!

you who have written this article, Happy Bithday !!



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FYI : Downwelling, Upwelling dan Sirkulasi Termohalin

Upwelling Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan  wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenomena atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu. Downwelling Downwelling merupakan keterbalikan dari upwelling

Sudut Datang Dan Pemanasan Di Muka Bumi

Sudut datang yang dimaksud disini adalah sudut datang sinar matahari menyinari permukaan bumi. Menjawab beberapa pertanyaan seperti mengapa siang hari lebih panas dibandingkan siang hari? Dan lainnya. Kali ini saya akan bahas tentang pengaruh sudut datang dengan suhu udara di permukaan Bumi. Alasan mengapa pada saat siang hari udara lebih panas dibandingkan sore hari. Ada dua Faktor penyebabnya yaitu Ratio Energi / luas area dan Jarak/ panjang atmosfer yang dilalui atau di tembus. 1.        Ratio Energi/Luas Area Maksudnya Luas area disini berhubungan dengan sudut Datang sinar Matahari karena sudut datang sinar akan mempengaruhi kuat cahaya matahari dan mempengaruhi luas permukaan yg akan disinari . agar lebih mudah saya akan memberikan contoh melalui Gambar. Pada gambar pertama   dimana sudut datang nya 90 derajat matahari hanya menyinari luas area sebesar 1 meter persegi saja, sedangkan pada gambar kedua karena sudut datangnya kecil sebesar 30 derajat saja m

Ocean Conveyor Belt And Gulf Stream

Arus laut secara langsung memiliki pengaruh pada kehidupan kita, mereka mentetukan cuaca,iklim dan banyak lagi. Antara Arus Laut dan system angina mentrasport panas dari equator ke kutub dan beroperasi seperi mesin besar   Ada berbagai macam arus di dunia dan ocean conveyor belt adalah salah satu yang palingberpengaruh Arus ini membawa panas dari equator ke kutub terutama di wilayah eropa   Siklus ini biasa disebut sirkulasi termohalin dimana termo adalah suhu dan halin adalah garam, keduanya menentukan tingkat kepadatan air, sirkulasi inilah yang membentuk iklim di eropa. Dan apa yang terjadi jika terjadi pemanasan global adalah ketika es mencair di sekitar Greenland maka akan mengurangi kepadatan air tersebut,karena konsentrasi garam berkurang   akibat es yang merupakan air tawar saat mencair. Oleh karena itu, ketika sirkulasi tersebut berhenti maka eropa tidak akan mendapatkan panasnya kembali, dan secara langsung melemparkan eropa ke jaman es selama beribu-ribu