Langsung ke konten utama

Angin Darat Dan Angin Laut, Beserta Prosesnya



Gue yakin kalian pasti tahu apa yang namanya angin darat dengan angin Laut, pas SD pasti sudah dibahas terus menerus pas pelajaran IPA dimana Angin Laut terjadi pada Siang Hari dan angin Darat pada malam hari, lalu bagaimanakah prosesnya??

Note : Angin mengalir dari tempat yang bertekanan tinggi ke tekanan yang lebih rendah
Pada siang hari daratan lebih panas dari laut, tekanan udara di darat lebih rendah daripada di laut sehingga udara bergerak dari laut menuju daratan disebut angin laut sedangkan Pada malam hari lautan lebih panas dari daratan, tekanan udara di darat lebih tinggi daripada di laut sehingga udara bergerak dari daratn menuju laut  disebut  angin darat.
Mengapa demikian??
Perlu diingat bahwa suhu berbanding terbalik dengan Tekanan jika suhu suatu tempat tinggi maka tekanan tempat tersebut akan rendah dan begitu sebaliknya. Jika kalian sering nonton berita TV terus tiba-tiba ada berita tentang kebakaran biasanya pembawa berita akan menyampaikan bahwa kebakaran tersebut juga disertai angin kencang atau nggak kebakaran rumah di Jakarta kan sering diliput biasanya kita bisa melihat  kalau ada angin yang bertiup di atas api yang menggoyang- goyang kan api sehingga bisa melahap daerah sekitarnya. Nah itu bukan karena di tempat tersebut sedang terjadi angin yang kencang atau daerah tersebut emang sering terjadi angin kencang, itu karena suhu yang meningkat dari tempat tersebutlah yang membuat tekanannya menjadi sangat rendah sehingga terjadi angin kencang di daerah tersebut karena angin kan bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. #loh kenapa bahas tentang api yak??
Kenaikan temperatur permukaan bumi lebih cepat panas dibanding dilautan, nah alasanya adalah
Pada siang hari matahari menyinari Lautan dan daratan, kedua-duanya mendapat energy yang sama dari matahari, akan tetapi panas matahari pada Lautan Harus menembus lebih dalam sehingga yang dipanaskan lebih besar sedangkan pada Daratan jarak kemana panas harus menembus hanya sedikit, coba perhatikan tanda bulatan merah, tanda tersebut menunjukan volume yang dipanaskan oleh matahari di daratan Hanya setebal itu saja dibandingkan Lautan. Selain itu ada beberapa Alasan juga yaitu seperti :
·         Kalor jenis kedua benda, masih ingat Rumus Q= mc. delta t dengan Q adalah Kalor dari matahari yang jumlah atau nilainya sama dan m adalah masa kedua benda, delta t adalah suhu sedangkan c adalah kalor jenis dimana kalor jenis daratan ( zat padat ) lebih kecil daripada kalor jenis air laut ( zat cair ), akibatnya ketika dipanaskan oleh cahaya matahari pada siang hari. Kenaikan suhu di daratan lebih besar daripada kenaikan suhu air laut jadi walaupun mendapat jumlah kalor yang sama dari matahari, daratan lebih cepat panas dibandingkan lautan
·         Albedo, akibat dari radiasi Akibat yang ditimbulkan dari radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi Tergantung bentuk dan permukaan bumi. Radiasi matahari yang sampai dibumi  sebagian diserap dan sebagian dipantulkan . Perbandingan antara jumlah radiasi  yang dipantulkan dengan radiasi yang diserap disebut Albedo . permukaan yang lebih padat memberikan nilai albedo yang tinggi dibandingkan permukaan yang bersifat lembut. Oleh karena itu daratan memiliki nilai albedo tinggi dibandingkan lautan yang albedo nya rendah.
Jadi dapat disimpulkan bahwa alasan pada sat iang hari lebih panas dibandingkan daratan adalah Dipengaruhi oleh :
-          Jarak kemana panas harus menembus
-          Panas jenis dari zat permukaan yang ada
-          Albedo dari zat permukaan yang ada
Lalu pada saat Malam Hari radiasi matahari yang diserap oleh Lautan pada sat siang hari akan  dilepas lagi ke udara sehingga pada malam hari pada lautan suhu nya lebih tinggi dibandingkan daratan sehingga terjadilah angin  Darat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FYI : Downwelling, Upwelling dan Sirkulasi Termohalin

Upwelling Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan  wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenomena atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu. Downwelling Downwelling merupakan keterbalikan dari upwelling

Sudut Datang Dan Pemanasan Di Muka Bumi

Sudut datang yang dimaksud disini adalah sudut datang sinar matahari menyinari permukaan bumi. Menjawab beberapa pertanyaan seperti mengapa siang hari lebih panas dibandingkan siang hari? Dan lainnya. Kali ini saya akan bahas tentang pengaruh sudut datang dengan suhu udara di permukaan Bumi. Alasan mengapa pada saat siang hari udara lebih panas dibandingkan sore hari. Ada dua Faktor penyebabnya yaitu Ratio Energi / luas area dan Jarak/ panjang atmosfer yang dilalui atau di tembus. 1.        Ratio Energi/Luas Area Maksudnya Luas area disini berhubungan dengan sudut Datang sinar Matahari karena sudut datang sinar akan mempengaruhi kuat cahaya matahari dan mempengaruhi luas permukaan yg akan disinari . agar lebih mudah saya akan memberikan contoh melalui Gambar. Pada gambar pertama   dimana sudut datang nya 90 derajat matahari hanya menyinari luas area sebesar 1 meter persegi saja, sedangkan pada gambar kedua karena sudut datangnya kecil sebesar 30 derajat saja m

Ocean Conveyor Belt And Gulf Stream

Arus laut secara langsung memiliki pengaruh pada kehidupan kita, mereka mentetukan cuaca,iklim dan banyak lagi. Antara Arus Laut dan system angina mentrasport panas dari equator ke kutub dan beroperasi seperi mesin besar   Ada berbagai macam arus di dunia dan ocean conveyor belt adalah salah satu yang palingberpengaruh Arus ini membawa panas dari equator ke kutub terutama di wilayah eropa   Siklus ini biasa disebut sirkulasi termohalin dimana termo adalah suhu dan halin adalah garam, keduanya menentukan tingkat kepadatan air, sirkulasi inilah yang membentuk iklim di eropa. Dan apa yang terjadi jika terjadi pemanasan global adalah ketika es mencair di sekitar Greenland maka akan mengurangi kepadatan air tersebut,karena konsentrasi garam berkurang   akibat es yang merupakan air tawar saat mencair. Oleh karena itu, ketika sirkulasi tersebut berhenti maka eropa tidak akan mendapatkan panasnya kembali, dan secara langsung melemparkan eropa ke jaman es selama beribu-ribu