Langsung ke konten utama

The Kuntilanak Question




Sambil nyelam minum air, kayaknya sebuah kiasan yang menggambarkan gue saat gue nulis tulisan ini, jadi sambil ngedengerin Mr.tamto cuap2 gue nyempetin tulis mengenai Kuntilanak Question dan untuk sekadar ngingatin apa itu kuntilanak Question, ini diaaaa:

1.       Kenapa Arah dan kecepatan angin tiap lapisan ketinggian berbeda??
2.       Kenapa Tuhan Menciptakan Seperti itu??
3.       Apa Manfaat Bagi Cuaca dan Iklim?
4.       Kenapa suara Gue mirip Badai Tropis??(okee..sekali lagi ini gak penting)



Jadi setelah gue memahami segala macam perkataan yang telah pak tamto coba jelaskan kepada kami para taruna/I klimatologi yang polos (sebenarnya sih gk ngerti apa yang diucapin) akhirnya gue menyimpulkan dengan seluruh kekuatan otak gue yang telah mencapai titik jenuh dan bersaturasi dengan cepatnya menjadi titik-titik hujan (oke,,akhirnya gue tau otak gue ternyata bisa berevaporasi) bahwa inti dari jawaban pak tamto adalah “its all about shear” (gk ngejawab sih) karena pertanyaanya lebih kearah apa itu WYI (Webster young Index) dimana indexnya dihitung U850/U200 jadi dosen gue yang satu ini menjelaskan lebih tepatnya perbedaan kecepatan angin di dua ketinggian tersebut yang menyebabkan timbulnya shear, intinya adalah jika terjadi perbedaan kecepatan di dua ketinggian tersebut cukup tajam maka akan terjadi udara naik atau udara turun.

Nah besarnya perubahan tsb itulah yang menjadi landasan WYI tapi ada beberapa yang gue Miss seperti jika kec. Angin di U200>U850 terjadi apakah udaranya naik atau turun (sorry !!) atau sebaliknya, the missing causes im too busy recording a video (video pak tamto yang lg ngejelasin) dan pintarnya gue setelah lama merekam ternyata tombol recording belum kepencet alhasil apa yang pak tamto jelasin gue gk ngerekammm…paraahhh !!!

Ada satu lagi yang dosen kece gue jelasin (dosen kece=pak tamto) tentang kenapa ketinggian diberi/dinamai dengan tekanan dan bukannya satuan “panjang”, kalo kalian gk ngerti gue jelasin secara lebih nyata, jika kalian naik pesawat bagi yang udah naik pesawat kalo belum pasti pernah nonton film yang adegan keseluruhan dipesawat kan ?? dan kalo kalian belum kedua2nya maka gue yakin anda adalah penghuni Negara Indonesia disuatu pulau yang ada dan tiada dipeta tapi memiliki koneksi internet (yaiyalah,,bisa baca tulisan gue). Back to the topic pernah kan ada peringatan dipesawat jika anda sekarang sedang berada di ketinggian sekian, nah ketinggian yang disebutkan adalah 850mb, 200mb dan lain sebagainya atau kalo anak meteo (jika kalian anak AMG dan sejenisnya) sebut dalam mengukur ketinggian balon pibal, alasanya adalah saat kalian memakai ketinggian 1000m, 2000m dan lain2nya(satuan panjang), maka inilah yang terjadi   

Jadi meskipun kita menyebut ketinggian 1000m , maka tekanan pada ketinggian tsb akan berbeda-beda, oleh karena itulah dipakai ketinggian dalam milibar yang dimana artinya bahwa pada ketinggian tersebut memiliki tekanan yang sama, coba aja kalian bayangin jika sebuah pesawat memakai satuan meter untuk membaca ketinggian maka dalam benak gue pesawat tersebut akan melayang seperti dibawah ini:



“Bayangkanlah..apa yang bakal terjadi pada pesawat tersebut”
Yups..meskipun hanya sedikit menjawab tapi sudah cukup bagi yang merasa cukup, tapi bagi gue pribadi masih ada yang belum terjawab oleh karena itu gue memutuskan untuk menjawab sendiri pertanyaan Kuntilanak tersebut dengan segala kemampuan yang ada dengan fasilitas yang cukup pas-pasan. Nah , untuk jawabanya mungkin akan gue ambil dari beberapa ilmu yang udah gue pelajari selama di kampus tercinta.
Kuntilanak Question (part II) will be coming soon…………..!!
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FYI : Downwelling, Upwelling dan Sirkulasi Termohalin

Upwelling Upwelling merupakan fenomena oseanografi yang melibatkan  wind-driven motion yang kuat, dingin dan biasanya membawa massa air yang kaya akan nutrien ke arah permukaan laut. Upwelling adalah fenomena atau kejadian yang berkaitan dengan gerakan naiknya massa air laut. Gerakan vertikal ini adalah bagian integrasi dari sirkulasi laut tetapi ribuan sampai jutaan kali lebih kecil dari arus horizontal. Gerakan vertikal ini terjadi akibat adanya stratifikasi densitas air laut karena dengan penambahan kedalaman mengakibatkan suhu menurun dan densitas meningkat yang menimbulkan energi untuk menggerakkan massa air secara vertikal.  Laut juga terstratifikasi oleh faktor lain, seperti kandungan nutrien yang semakin meningkat seiring pertambahan kedalaman. Dengan demikian adanya gerakan massa air vertikal akan menimbulkan efek yang signifikan terhadap kandungan nutrien pada lapisan kedalaman tertentu. Downwelling Downwelling merupakan keterbalikan dari upwelling

Sudut Datang Dan Pemanasan Di Muka Bumi

Sudut datang yang dimaksud disini adalah sudut datang sinar matahari menyinari permukaan bumi. Menjawab beberapa pertanyaan seperti mengapa siang hari lebih panas dibandingkan siang hari? Dan lainnya. Kali ini saya akan bahas tentang pengaruh sudut datang dengan suhu udara di permukaan Bumi. Alasan mengapa pada saat siang hari udara lebih panas dibandingkan sore hari. Ada dua Faktor penyebabnya yaitu Ratio Energi / luas area dan Jarak/ panjang atmosfer yang dilalui atau di tembus. 1.        Ratio Energi/Luas Area Maksudnya Luas area disini berhubungan dengan sudut Datang sinar Matahari karena sudut datang sinar akan mempengaruhi kuat cahaya matahari dan mempengaruhi luas permukaan yg akan disinari . agar lebih mudah saya akan memberikan contoh melalui Gambar. Pada gambar pertama   dimana sudut datang nya 90 derajat matahari hanya menyinari luas area sebesar 1 meter persegi saja, sedangkan pada gambar kedua karena sudut datangnya kecil sebesar 30 derajat saja m

Ocean Conveyor Belt And Gulf Stream

Arus laut secara langsung memiliki pengaruh pada kehidupan kita, mereka mentetukan cuaca,iklim dan banyak lagi. Antara Arus Laut dan system angina mentrasport panas dari equator ke kutub dan beroperasi seperi mesin besar   Ada berbagai macam arus di dunia dan ocean conveyor belt adalah salah satu yang palingberpengaruh Arus ini membawa panas dari equator ke kutub terutama di wilayah eropa   Siklus ini biasa disebut sirkulasi termohalin dimana termo adalah suhu dan halin adalah garam, keduanya menentukan tingkat kepadatan air, sirkulasi inilah yang membentuk iklim di eropa. Dan apa yang terjadi jika terjadi pemanasan global adalah ketika es mencair di sekitar Greenland maka akan mengurangi kepadatan air tersebut,karena konsentrasi garam berkurang   akibat es yang merupakan air tawar saat mencair. Oleh karena itu, ketika sirkulasi tersebut berhenti maka eropa tidak akan mendapatkan panasnya kembali, dan secara langsung melemparkan eropa ke jaman es selama beribu-ribu