Sambil nyelam minum air, kayaknya sebuah kiasan yang menggambarkan gue
saat gue nulis tulisan ini, jadi sambil ngedengerin Mr.tamto cuap2 gue
nyempetin tulis mengenai Kuntilanak Question dan untuk sekadar ngingatin apa
itu kuntilanak Question, ini diaaaa:
1. Kenapa
Arah dan kecepatan angin tiap lapisan ketinggian berbeda??
2. Kenapa
Tuhan Menciptakan Seperti itu??
3. Apa
Manfaat Bagi Cuaca dan Iklim?
4. Kenapa
suara Gue mirip Badai Tropis??(okee..sekali lagi ini gak penting)
Jadi setelah gue memahami segala
macam perkataan yang telah pak tamto coba jelaskan kepada kami para taruna/I
klimatologi yang polos (sebenarnya sih gk ngerti apa yang diucapin) akhirnya
gue menyimpulkan dengan seluruh kekuatan otak gue yang telah mencapai titik jenuh
dan bersaturasi dengan cepatnya menjadi titik-titik hujan (oke,,akhirnya gue
tau otak gue ternyata bisa berevaporasi) bahwa inti dari jawaban pak tamto
adalah “its all about shear” (gk ngejawab sih) karena pertanyaanya lebih kearah
apa itu WYI (Webster young Index) dimana indexnya dihitung U850/U200 jadi dosen
gue yang satu ini menjelaskan lebih tepatnya perbedaan kecepatan angin di dua
ketinggian tersebut yang menyebabkan timbulnya shear, intinya adalah jika
terjadi perbedaan kecepatan di dua ketinggian tersebut cukup tajam maka akan
terjadi udara naik atau udara turun.
Nah
besarnya perubahan tsb itulah yang menjadi landasan WYI tapi ada beberapa yang
gue Miss seperti jika kec. Angin di U200>U850 terjadi apakah udaranya naik
atau turun (sorry !!) atau sebaliknya, the missing causes im too busy recording
a video (video pak tamto yang lg ngejelasin) dan pintarnya gue setelah lama
merekam ternyata tombol recording belum kepencet alhasil apa yang pak tamto
jelasin gue gk ngerekammm…paraahhh !!!
Ada
satu lagi yang dosen kece gue jelasin (dosen kece=pak tamto) tentang kenapa
ketinggian diberi/dinamai dengan tekanan dan bukannya satuan “panjang”, kalo
kalian gk ngerti gue jelasin secara lebih nyata, jika kalian naik pesawat bagi
yang udah naik pesawat kalo belum pasti pernah nonton film yang adegan
keseluruhan dipesawat kan ?? dan kalo kalian belum kedua2nya maka gue yakin anda
adalah penghuni Negara Indonesia disuatu pulau yang ada dan tiada dipeta tapi
memiliki koneksi internet (yaiyalah,,bisa baca tulisan gue). Back to the topic
pernah kan ada peringatan dipesawat jika anda sekarang sedang berada di
ketinggian sekian, nah ketinggian yang disebutkan adalah 850mb, 200mb dan lain
sebagainya atau kalo anak meteo (jika kalian anak AMG dan sejenisnya) sebut
dalam mengukur ketinggian balon pibal, alasanya adalah saat kalian memakai
ketinggian 1000m, 2000m dan lain2nya(satuan panjang), maka inilah yang terjadi
Jadi meskipun
kita menyebut ketinggian 1000m , maka tekanan pada ketinggian tsb akan
berbeda-beda, oleh karena itulah dipakai ketinggian dalam milibar yang dimana
artinya bahwa pada ketinggian tersebut memiliki tekanan yang sama, coba aja
kalian bayangin jika sebuah pesawat memakai satuan meter untuk membaca
ketinggian maka dalam benak gue pesawat tersebut akan melayang seperti dibawah
ini:
“Bayangkanlah..apa yang bakal terjadi pada pesawat tersebut”
Yups..meskipun hanya sedikit menjawab tapi sudah cukup bagi
yang merasa cukup, tapi bagi gue pribadi masih ada yang belum terjawab oleh
karena itu gue memutuskan untuk menjawab sendiri pertanyaan Kuntilanak tersebut
dengan segala kemampuan yang ada dengan fasilitas yang cukup pas-pasan. Nah ,
untuk jawabanya mungkin akan gue ambil dari beberapa ilmu yang udah gue
pelajari selama di kampus tercinta.
Kuntilanak Question (part
II) will be coming soon…………..!!
Komentar